-->

Motif Ragam Hias Batik Nusantara

Nama Motif Batik dan Asal Daerahnya




Nama motif batik dan asal daerahnya – Macam-macam Batik Indonesia dan daerahnya di negara kita ini sangat bervariasi. Bahkan berbagai macam batik mempunyai daerah asal yang tersebar di Indonesia ini. Mungkin banyak yang mengetahui kalau Batik selalu identik dengan Kota Jogja, Solo dan Pekalongan, tetapi kalau kita simak lebih dalam lagi, ternyata tiap-tiap daerah mempunyai khas batik tersendiri. Sehingga sudah tidak diragukan lagi kalau negara kita di Indonesia ini memang mempunyai kekayaan aneka ragam budaya yang patut kita lestarikan. Untuk itu, di artikel kali ini batik Adine akan memberikan beberapa informasi apa saja tentang macam macam batik dan penjelasannya.

Inilah nama motif batik dan asal daerahnya

Tentu saja berbagai ribuan motif batik yang ada negara ini mempunyai khas-khas sendiri-sendiri. Motif batik kota satu dengan kota lainnya juga sangat berbeda sekali corak dan khasnya. Dari segi gambar, pewarnaan, dan perpaduan warna juga berbeda-beda. Maka tidak dapat dipungkiri lagi batik dari daerah manapun selalu mempunyai nilai seni yang tinggi. Jadi bangga kan kalau kita mempunyai warisan budaya yang indah. Inilah nama motif batik dan asal daerahnya bisa disimak dibawah ini.

Berbagai macam macam batik dan penjelasannya

Motif Batik Solo

nama motif batik dan asal daerahnya
Motif batik yang pertama adalah batik Solo, motif batik solo ini memang menurut sejarahnya selalu terinspirasi dari motif klasik Mataram. Karena awal adanya batik tidak pernah jauh dari sisilah pejabat di kerajaan Mataram. Yang menjadi ciri khas batik Solo ini mempunyai pewarnaan sogan atau warna kecoklatan keemasan. Bahkan ada beberapa motif batik yang hanya diperbolehkan dipakai oleh para pejabat kerajaan.
Beberapa motif batik yang terkenal di Solo adalah motif batik Parang, Batik sidomukti , Batik truntum, Batik satrio manah, dan macam batik lainnya. Bila Anda menginginkan batik solo juga bisa memesan di website batik adine ini. Ada juga beberapa seragam batik murah yang di produksi di solo. Bila Anda ingin mengenal lebih jauh lagi tentang pengetahuan batik solo, bisa langsung mengunjungi kota solo. Anda cukup dengan menggunakan jasa sewa mobil solo, Anda bisa meminta tolong penyedia jasa tersebut untuk menghantarkan Anda ke tempat-tempat proses pembuatan batik. Di beberapa tempat kota solo, seperti kampoeng batik laweyan juga akan memberikan banyak sekali pengetahuan tentang sejarah dan makna motif batik yang ada di Solo.

Batik Jogja

batik tambal jogja
Batik yang juga hampir-hampir mirip dengan kota Solo yaitu batik Jogja. Karena jaman dahulu kota jogja dan kota Solo masih ada kerabat saudara. Jadi untuk motif dan pewarnaannya batik juga hampir mirip. Beberapa motif batik Jogja yang terkenal diantaranya yaitu motif batik Wahyu Tumurun, Motif batik tambal, Batik Sido Asih, dan macam batik jogja lainnya. Beberapa motif batik Jogja ini juga ada yang hanya boleh dipakai oleh kaum pejabat dan para ksatria kerajaan.

Batik Pekalongan

macam macam batik dan penjelasannya
Kota lainnya yang masih dalam satu propinsi yang mempunyai batik tersendiri yaitu batik Pekalongan. Kota Pekalongan ini terkenal dengan kerajinan batiknya selain Kota Solo dan kota Jogja. Batik kota Pekalongan ini mempunyai ciri khas dengan batik yang mempunyai unsur daerah pesisir. Karena batik daerah pesisir selalu identik dengan kaya akan pewarnannya. Seperti batik jlamprang, batik liong, batik motif burung garuda, dan motif lainnya. Bahkan ada motif batik pekalongan yang mempunyai warna sampai 10 macam. Kolaborasi warna juga sangat indah bila dipadukan dengan motif khas dari batik pekalongan.

Batik Indramayu

motif batik indramayu
Kota yang mempunyai khas batik tersendiri yaitu Batik Indramayu. Batik yang berasal dari Indramayu ini merupakan perpaduan antara budaya jawa dan Sunda. Batik indramayu ini bisa juga dinamakan batik Dermayon. Karena batik Dermayon mempunyai motif yang sebagian besar selalu menceritakan atau mengisahkan tentang kekayaan laut yang ada di daerahnya. Beberapa motif batik Indramayu yaitu Motif Etong, Motif kapal terdampar, Motif ganggeng, dan banyak motif lainnya.

Batik Betawi

motif-batik-betawi
Batik lainnya yang mewarnai negara kita nusantara ini yaitu Batik Betawi. Batik betawi mempunyai Ciri khas batik yang selalu menonjolkan motif khas tumpal ( motif yang biasanya di tempatkan di sisi kain batik). Motif khas Tumpal yang ada di motif batik Betawi seperti bentuk motif geometris segitiga berbaris yang memagari bagian badan kain dan kepala kain. Motif yang sangat terkenal yaitu motif burung hong yang mempunyai arti yang melambangkan kebahagiaan. Ada juga motif kuno batik betawi yang lain, yaitu motif Ondel-ondel, motif Nusa kelapa, motif Ciliwung, motif Rasamala, dan motif Salakanegara

Batik Rembang

motif-batik-rembang
Nama motif Batik dan asal daerahnya lainnya yang terkenal yaitu batik Rembang. Batik Rembang ini terkenal dengan warna motif merah darah. Biasanya batik ini disebut juga batik Lasem ( wikipedia ), karena berada di daerah kecamatan Lasem yang ada di kota Rembang. Kecamatan Lasem ini sering juga disebut tiongkok kecil, karena di daerah ini banyak sekali warga keturunan tiong hoa yang tinggal disini. Beberapa motif batik Rembang yang terkenal yaitu motif batik Laseman, motif batik sekar jagat, motif batik lasem pagi sore.

Batik Purworejo

motif-batik-purworejo
Batik Purworejo juga merupakan salah satu batik yang turut menghiasai keragaman budaya batik di negara kita. Motif batik Purworejo yang terkenal adalah seperti motif batik Melati Contong. Bahkan juga ada motif klasiknya yaitu seperti motif Sri Rama dan motif Semen.
Demikianlah beberapa nama motif batik dan asal daerahnya yang di jelaskan di artikel ini. Semoga Dapat Bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Motif Ragam Hias Batik Nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel