-->

Rangkuman Agama Bab 1 : Al-Qur'an tentang manusia dan Tugasnya


Bab I
Kajian Al-Qur’an tentangManusia dan Tugasnya




1.SurahAl-Baqarah(2) Ayat30
Kesimpulan Arti Surah Al-Baqarah (2) Ayat 30dan Perilaku yang Harus Ditampilkan
Beberapa kesimpulan dari Surah Al-Baqarah (2) ayat 30 adalah:

1).Allah menciptakan manusia untk dijadikan sebagai khalifah (wakilAllah) di bumi.

2).Sebagai khalifah, manusia harus melakukan kekhalifahannya di bumiuntuk menjaga kelestarian ciptaan-Nya, mengembangkan-Nya sertamemakmurkan-Nya.

3).Untuk membekali manusia sebagai khalifah di bumi, Allah swt.Memberikan pengajaran kepada manusia tentang kebenaran dalamsegala ciptaan-Nya, sehingga manusia mampu melaksanakan tugasyang berat tersebut.

4).Untuk itulah kita karus berusaha membekali diri kita denganmempelajari berbagai ilmu pengetahuan, sehingga kita dapatmenjalankan fungsi kekhalifahan dengan sebaik-baiknya. Kita dapatmelakukan fungsi tersebut sesuai drngan kemampuan dan status kitamasing-masing, tentu saja harus memerhatikan semua aturan yangsudah dibuat oleh Allah.

5).Malaikat menyangsikan tugas kekhalifahan itu dapat dilaksanakan olehmanusia, karena menurut malaikat dirinyalah yang lebih berhakmemikul tugas tersebut dengan bukti dia selalu bertasbih dan memuji-Nya.

6).Dalam kenyataannya, kebanyakan manusia banyak yang melakukanpenyimpangan dari aturan yang dibuat oleh Allah. Manusia banyakmelakukan kejahatan seperti merusak dan suka menumpahkan darahdi bumi.

2.Surah Al-Mu’minûn (23) Ayat 12-14

Kesimpulan Arti Al-Mu’minûn (23) Ayat 12-14dan Perilaku yang Harus Ditampilkan
Pada arti Al-Mu’minûn (23) ayat 12-14 tertera tahapan-tahapanterbentuknya manusia, ini adalah beberapa kesimpulan dari Surah Al-Mu’minûn (23) ayat 12-14:

1.Ayat 12 mejelaskan unsur penciptaan manusia setelah Adam (mansiapertama), yakni saripati tanah.

2.Ayat 13 kemudian melanjutkan penjelasan bahwa dari saripati tanahitulah Allah menjadikan sperma di tempat yang terjaga, yakni air manipada laki-laki dan sel telur pada perempuan.

3.Pada ayat 14 terurai proses penciptaan manusia dari air mani yangmenjadi segumpal daging hingga tulang belulang yang terbungkusdaging yang setelah itu ditiupkan ruh oleh Allah dan lahir sebagai bayidi dunia.

4.Di akhir ayat 14 Allah menyatakan bahwa Dia Mahasuci dan jugasebagai Pencipta yang paling baik.

5.Dengan adanya keterangan-keterangan di atas, kita harus senantiasabersyukur kepada Allah yang telah memberikan kesempatan hiduphingga detik ini. Tidak lupa terhadap orang tua yang telah melahirkandan menjaga kita hingga sekarang. Kita harus menjalankan perintah-perintah Allah dan juga orang tua tanpa menyimpang denganketentuan Allah. Dengan adanya kelahiran maka pasti ada kematianyang menjadi kelemahan manusia, keterangan-keterangan di atasmenyadarkan kita akan bekal masa depan dan menjauhi rasasombong.

3.Surah Aż-Żâriyât (51) Ayat 56

Kesimpulan Arti Aż-Żâriyât (51) Ayat 56 danPerilaku yang Harus Ditampilkan
Dalam surah Aż-Żâriyât (51) ayat 56 terdapat beberapa arti penting,termasuk:

1.Allah swt. Meciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya.

2.Meskipun ada banyak perbedaan antara jin dan manusia, namunkeduanya memiliki tugas yang sama sebagai makhluk Allah, yaitumenyembah kepada-Nya.

3.Bagi manusia, menyembah Allah merupakan tugas yang palingpenting, di samping kenjadi khalifah.

4.Kita tidak boleh meninggalkan ibadah kepada Allah, melakukannyapunharus didasari dengan niat yang ikhlas. Tanpa itu, ibadah kita akan sia-sia.

4.Surah An-Nahl (16) Ayat 78

Kesimpulan Arti An-Nahl (16) Ayat 78 danPerilaku yang Harus Ditampilkan
Pada surah An-Nahl (16) ayat 78 terdapat beberapa kesimpulanseperti:

1.Manusia lahir dengan tidak mengetahui apapun, karena itu ketika kitamenjadi orang yang pintar, berhasil, terkenal, kita tidak bolehsombong (takabur).

2.Dengan anugerah Allah kita memiliki tiga potensi dasar yang kemudiandapat dikembangkan menjadi mimpi yang kita inginkan. Tiga potensidasar itu diwajibkan untuk dipakai untuk menjadi khalifah, dan terlebihuntuk beribadah.

3.Dengan adanya tiga potensial tersebut, manusia diharusakan untukbersyukur, walaupun Allah menyatakan bahwa sebagian besarmanusia tidak pandai bersyukur

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Agama Bab 1 : Al-Qur'an tentang manusia dan Tugasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel