-->

Istilah dalam fisika beserta artinya

istilah dalam fisika beserta artinya - pada tulisan ini berbentuk pertanyaan, yang nantinya akan didefinisikan dalam bentuk jawaban. Definisi dan Istilah yang dibuat ini, diharapkan dapat membantu Anda memahami banyaknya kosakata Inggris/Asing yang ada pada ilmu fisika

1. Jelaskan arti dari Magnetic bottle?
Jawab: Botol magnetik adalah medan gaya magnetik yang dipakai untuk menyimpan partikel-partikel bermuatan (seperti dalam fusi nuklir, dimana partikel-partikel itu disimpan di dalam plasma). Plasma sebagai penyimpanan partikel itu dapat mencapai temperatur 100 juta derajat Celsius atau lebih, dan setiap partikel yang berada di dalamnya akan menguap secara tiba-tiba.

2. Apa yang dimaksud dengan Cryometer?
Jawab: Kriometer  adalah termometer yang dirancang untuk mengukur temperatur yang sangat rendah.

3. Apa yang dimaksud Crystal rectiffier?
Jawab: Kristal pelurus  adalah suatu dioda semikonduktor.

4. Apa yang dimaksud dengan Cryogenics?
Jawab: Kriogenika adalah ilmu fisika pada temperatur yang sangat rendah. Termasuk pula teknik untuk memperoleh temperatur yang sangat rendah serta studi tentang kelakuan material apabila material itu didinginkan.



istilah dalam fisika beserta artinya


5. Apa yang dimaksud dengan Crystal?

Jawab: Kristal adalah suatu benda padat yang bentuk geometerinya teratur. Di dalam kristal partikel-partikel (atom-atom, ion-ion, atau molekul-molekulnya)-nya tersusun secara teratur dan berulang dalam ruang. Susunan-susunan dari partikel-partikel pada kristal dinamakan struktur kristal. Posisi partikel-partikel dalam kristal tersusun seperti kisi-kisi yang merupakan titik-titik dalam ruang. Bentuk luar dri kristal bergantung pada susunan partikel-partikel di bagian dalamnya, selain itu juga bergantung pada cara bagaimana kristal itu dibentuk.

6. Apa yang dimaksud dengan Cryogenic?
Jawab: Kriogenik adalah cara-cara memperoleh temperatur rendah dan studi tentang gejala-gejala pada temperatur rendah.

7. Apa yang dimaksud dengan Cryoscopy?
Jawab: Krioskopi adalah teknik menentukan titik beku.

8. Apa yang dimaksud dengan Crystallography?
Jawab: Kristalografi adalah ilmu yang mempelajari pembentukan, struktur dan sifat-sifat dari kristal.

9. Apa yang dimaksud Cryostat?
Jawab: Kriostat adalah suatu wadah untuk menyimpan sampel pada temperatur yang sangat rendah.

10. Jelaskan arti dari Machine?
Jawab: Mesin/pesawat adalah suatu alat untuk mentransmisikan daya antara satu tempat ke tempat yang lain. Gaya berguna dari mesin itu adalah  yang dilakukan mesin itu terhadap beban atau yang lainnya. Tujuan membuat mesin/pesawat adalah untuk mengatasi beban yang besar dengan hanya sedikit usaha. Untuk setiap pesawat, hubungan ini diukur dalam perbandingan gaya, yaitu gaya berguna dari mesin  dibagi dengan gaya yang diberikan oleh pemakai (F1).

Kerja yang dilakukan oleh mesin (kerja mesin) tidak dapat melebihi kerja yang diberikan kepada mesin itu. Dengan demikian untuk mesin yang efisiensinya 100% (pada kenyataannya tidak pernah ada) maka:

jika  F2 > F1 maka  S2  <  S1 dan
jika F2 < F1 maka  S2  >  S1

dimana S2   dan S1  masing-masing adalah jarak yang ditempuh karena gaya Fdan gaya Fselama waktu tertentu.

Hubungan antara S2  dan S1 dinamakan pula sebagai perbandingan jarak atau perbandingan kecepatan, yaitu dinyatakan dengan S: S2.


(Istilah/kata/hukum Fisika dalam bahasa Inggris/asing) yang diterangkan dalam bentuk jawaban bahasa Indonesia dimulai dari nomor 11-20.


11. Jelaskan perbedaan arti huruf G (g besar) dan g (g kecil) dalam ilmu fisika?
Jawab: G (g besar) adalah konstanta gravitasi universal yang nilainya adalah:
G = 6,6720x10-11 N M2 kg-2

Sedangkan g (g kecil) adalah lambang untuk percepatan gravitasi yang besarnya bervariasi tergantung kepada tempatnya. Akan tetapi pada umumnya untuk keperluan praktis dipakai g = 9,8 m/s2

12. Jelaskan arti dari condensation?
Jawab: Kondensasi adalah suatu perubahan dari uap menjadi cair, kebalikannya dari cair ke uap dikatakan penguapan.

13. Apa yang dimaksud gamma rays?
Jawab: Sinar gamma adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang yang sangat pendek, dan merupakan pancaran dari radiasi gamma. Sinar-sinar gamma dapat terjadi pada peristiwa peluruhan bahan-bahan radio aktif atau juga pada saat inti atom yang dalam keadaan tereksitasi berubah menjadi keadaan yang stabil atau berubah pada tingkat energi yang lebih rendah.

14. Apa yang dimaksud dengan gas?
Jawab: Gas adalah suatu zat yang dapat menempati seluruh volume yang ditempatinya. Gaya-gaya antarmolekul pada gas sangat lemah dibandingkan dengan zat cair atau padat, untuk gas ideal gaya-gaya itu sama dengan nol.

15. Jelaskan perbedaan antara gas constant dan gas-cooled reaktor?

Jawab: Konstanta gas dilambangkan dengan R, dinamakan juga konstan molar gas universal yang besarnya adalah 8,314 34 joule mol-1 K-1 yang muncul pada persamaan keadaan gas ideal. Sedangkan Reaktor pendingin gas adalah suatu nuklir dimana untuk mendinginkan terasnya (inti) diperoleh dengan sirkulasi gas, tepatnya reaktor didinginkan oleh udara. Contohnya adalah reaktor Magnox yang didinginkan dengan gas karbondioksida yang bertekanan tinggi, reaktor AGR (Advanced Gas-cooled Reactors) didinginkan oleh gas karbondioksida, reaktor HTGR (High Temperatur Gas-cooled Reactors) didinginkan oleh gas helium.

16. Jelaskan arti Concave dalam fisika?
Jawab: konkaf (cekung) adalah bagian lengkungan kurva yang sebelah dalam. Cermin cekung adalah sebuah cermin yang bagian permukaanya adalah bagian yang cekung.

17. Apa yang dimaksud gas thermometer?
Jawab: Termometer gas adalah suatu jenis termometer yang menggunakan sejumlah massa tertentu massa gas sebagai zat kerjanya. Termometer gas ini dapat dibuat dua macam, yaitu termometer gas volume konstan dan termometer gas tekanan konstan. Termometer gas volume konstan didasarkan pada kenyataan bahwa tekanan sejumlah tertentu gas pada volume konstan adalah merupakan fungsi dari temperatur T. Sedangkan temperatur gas tekanan konstan didasarkan pada kenyataan bahwa volume sejumlah tertentu gas pada tekanan konstan merupakan fungsi dari temperatur T.

18. Apa yang dimaksud dengan gas turbine?
Jawab: Turbin gas adalah suatu  mesin yang menggunakan gas sebagai zat kerjanya.

19. Apa maksud ge V dalam fisika?
Jawab: ge V adalah singkatan dari giga elektron volt, yang sama dengan 109elektron volt.

20. Apa yang Anda ketahui tentang cosmic radiaton?
Jawab: Radiasi kosmik adalah radiasi berenergi tinggi yang mencapai bumi dari angkasa luar. Sinar-sinar kosmik sebagian besar terdiri dari proton dan sebagian kecil elektron, partikel-partikel alfa dan sinar-sinar gamma. Akibat adanya tumbukan di atas atmosfer bumi maka akan dihasilkan partikel-partikel lain (termasuk meson).

21. Arti dari Current...
Jawaban: Current = arus (lambang: I). Arus adalah suatu aliran muatan listrik. Arus sebenarnya adalah gerakan aliran elektron-elektron atau ion-ion dibawah pengaruh gaya gerak listrik. Satuan arus adalah Ampere (A).

22. Arti dari daughter....
Jawaban: Daughter adalah suatu nuklid tertentu yang dihasilkan oleh peluruhan radioaktif nuklida yang lain.

23. Arti dari day...
Jawaban: Day adalah waktu yang diperlukan bumi untuk berputar satu putaran penuh pada sumbunya. Ada berbagai cara untuk mengukur waktu hari. Waktu hari matahari adalah waktu yang diperlukan Matahari untuk melewati meridian dua kali secara berturut-turut. Hari matahari rata-rata adalah hari rata-rata dalam satu tahun. Sedangkan hari sideral adalah hari yang dihitung dengan menggunakan referensi bintang, hari sideral adalah 23 jam 56,06 menit.

24. Arti dari degree...
Jawaban: Degree = derajat. Derajat adalah..

  • Interval skala pada alat ukur, seperti skala temperatur.
  • Satuan sudut yang sama dengan 1/360 putaran penuh.
25. Arti dari degerate....
Jawaban: Degerate adalah menyatakan bilangan kuantum yang berbeda tetapi mempunyai energi yang sama.

26. Arti dari defect ....
Jawaban: Defect= Cacat.  Cacat adalah ketidakteraturan urutan susunan partikel-partikel di dalam geometri ke kisi kristal (lattice).

27. Arti definition....
Jawaban: Definiiton = definisi. Definisi adalah ketajaman bayangan pada fokus. Tidak ada bayangan yang benar-benar tajam/jelas, karena disebabkan oleh adanya difraksi atau dapat pula karena sistem alat optik yang tidak sempurna. 

28. Arti dari dead beat....
Jawaban: Dead beat, menyatakan suatu alat (galvanometer) yang teredam sedemikian hingga osilasinya sangat cepat mati.

29. Arti dari dead room...
Jawaban: Dead room =  Ruang tersekat

30. Arti dari Cyclotron...

Jawaban: Cyclotron adalah suatu alat untuk mempercepat partikel yang bermuatan sehingga mempunyai energi yang tinggi. Proton yang dipercepat dapat diberi energi sampai 10 Mev, deuterons dapat mencapai 20 Mev, dan partikel alfa dapat mencapai kurang lebih 40 Mev. Besarnya energi yang diperoleh partikel itu terbatas oleh naiknya massa relativistik dari partikel itu.

31. Arti dari Current balance...
Jawaban: Current balance = penyeimbang arus. Suatu alat untuk mengukur arus listrik dengan tingkat ketelitian yang tinggi, caranya dengan mengukur gaya elektromagnetik yang dihasilkan diantara dua buah konduktor yang membawa arus.

32. Arti Curent density....

Jawaban: Current density = Rapat Arus dengan (simbol: j). Rapat arus adalah arus listrik per satuan luas penampang melintang konduktor. Satuannya adalah Amper meter -2 (Am-2).

33. Arti dari Cyle....
Jawaban: Cycle = siklus. Siklus adalah serentetan kejadian yang berulang secara teratur seperti gerak rotasi, vibrasi, oksilasi atau gelombang. Satu siklus adalah satu set perubahaan yang lengkap, mulai dari satu titik dan kembali pada titik yang sama dengan cara yang sama.

34. Arti dari Cyclic accelerator....
Jawaban: Cyclic accelerator = akselarator siklik

35. Arti dari Accelerator...
Jawaban: Accelerator = pemercepat (akselerator). Akselerator adalah suatu pesawat/mesin yang dapat mempercepat partikel-partikel bermutan sehingga mempunyai energi yang tinggi dan dipakai untuk mendapatkan dan mempelajari reaksi nuklir.

Akselerator yang pertama dibuat oleh Cokcroff dan Walton. Akselerator pertama kali dipakai untuk mempercepat proton yang diarahkan kepada lithium sebagai targetnya. Sekarang terdapat dua jenis pemercepat, yaitu pemercepat linier (akselerator linier) dan pemercepat siklik (cyclic accelerators).

Pada akselerator linier partikel-partikel dipercepat dalam garis lurus, sedangkan pada akselerator lingkaran (siklik) partikel-partikel dipercepat dalam lingkaran (jalur melingkar) dengan menggunakan medan magnet. Contoh Akselerator adalah: cycloctron, betatron dan synchroton.

36. Arti dari Deniell cell....
Jawaban: Deniell cell = sel daniell. Sel daniell adalah suatu jenis sel primer yang terdiri dari dua elektroda yang dipisahkan oleh partisi yang berporos. Elektroda positif terbuat dari batang tembaga yang dicelupkan dalam larutan tembaga (II) sulfat, sedangkan elektroda negatif adalah campuran seng-raksa yang dicelupkan dalam larutan asam sulfat atau seng sulfat. Dengan larutan asam sulfat ggl yang dapat dihasilkan kurang lebih 1,08 volt, sedangkan dengan sel sulfat kurang lebih 1,11 volt

37. Arti dari Acceptor adalah...
Jawaban: Aceeptor = akseptor. Akseptor merupakan material/bahan yang disiipkan kepada semikonduktor sehingga terjadi kekosongan-kekosongan (hole) tingkat energi pada pita valensi. Kekosongan-kekosongan ini seolah-oleh bertindak sebagai muatan positif yang lincah.

38. Arti dari dating....
Jawaban: dating adalah suatu metode untuk menentukan umur arkeologi atau contoh bahan geologi, bumi, meteorit dan sebagainya.

39. Arti dari dew...
Jawaban: Dew = embun. Embun adalah tetes-tetes air yang merupakan udara yang berkondensasi pada permukaan yang lebih dingin, seperti tetes-tetes air pada daun pintu pada malam hari, atau titik-titik air pada daun di malam hari.

40. Arti dari dew temperature....
Jawaban: Dew temperature/point = temperatur/titik embun. Dew temperature merupakan temperatur dimana titik-titik embun mulai terbentuk. Temperatur ini adalah temperatur dimana uap air yang ada di udara sudah menjadi jenuh dan mulai berkondensasi.

41. Arti dari diamagnetism...
Jawaban: Diamagnetisma adalah suatu zat yang apabila didekatkan dengan bahan magnetik yang kuat, maka akan ditolak.

42. Arti dari Diascope..
Jawaban: Diascope = Diaskop. Diaskop adalah suatu proyektor optik untuk benda-benda yang tembus cahaya. Contoh: slide atau olastik.

43. Arti dari Diaphragm....
Jawaban: Diaphragm = Diafragma. Diafragma adalah suatu alat yang digunakan dalam optik untuk mengurangi atau mengontrol besarnya celah atau lubang pada sistem optik untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk pada sistem. Diafragma juga berguna untuk mengurangi cacat bayangan sebagai akibat dari cahaya yang terlalu melebar saat sistem dibuka.

44. Arti dari dielectric....
Jawaban: dielectric = dielektrik. Dielektrik adalah sifat listrik dari bahan yang bukan konduktor. Istilah ini biasanya digunakan untuk zat yang disipkan diantara plat-plat kapasitor.

45. Arti dari Dielectric constant:
Jawaban: dielectric constant = konstanta dielektrik. Konstanta dielektrik adalah perbandingan antara kapasitansi C yang menggunakan bahan dielektrik antara plat-plat kapasitornya dengan kapasitansi Co bila dielektriknya vakum. Jadi Konstanta dielektrik adalah C/Co

45. Arti dari dihedral....
Jawaban: Dihedral mempunyai dua sisi atau bidang yang saling berpotongan.

46. Arti diffusion cloud chamber....
Jawaban: Diffusion cloud chamber = difusi kamar kabut

47. Arti dari Diesel engine...
Jawaban: Diesel engine = mesin disel. Mesin disel adalah mesin pembakaran internal yang mengunakan minyak sebagai bahan bakar.

48. Arti dari dimensional analysis...
Jawaban: Dimensional analysis = analisis dimensi

Analisis dimensi adalah suatu teknik untuk memeriksa keabsahan suatu jawaban atau solusi dari suatu persoalan, satuan atau persamaan dalam fisika. Cara itu didasarkan pada kenyataan bahwa semua sistem satuan telah didefinisikan semuanya (dalam satuan SI), masing-masing kuantitas dapat dinyatakan dalam satu satuan dasar yang tepat dengan satu cara. Dalam hal ini kuantitas dasar itu dinamakan dimensi.

Tabel di bawah memperlihatkan dimensi dari beberapa kuantitas yang sering kita jumpai.


KUANTITAS
DIMENSI
SATUAN
massa
M
Kg
Panjang
L
m
waktu
T
s (detik)
luas
L2
m2
volume
L3
m3
massa jenis
M.L-3
Kg.m-3
percepatan
L.T-2
m.s-2
kecepatan
L.T-1
m.s-1
gaya
M.L.T-2
kg.m.s-2
tekanan
M.L-1 . T-2
Kg.m-1 . s-2
momentum
M.L.T-1
Kg.m.s-1

49. Arti dari brush....
Jawaban: Brush = sikat. Sikat adalah kontak (penghubung) arus pada motor listrik atau generator dengan bagian yang bergerak. Atau dapat pula dikatakan sebagai penghubung dan pemutus arus pada motor/generator.

50. Arti dari bumping....
Jawaban: Bumping adalah pendidihan yang kasar pada zat cair yang disebabkan gelembung-gelembung uap yang terbentuk pada tekanan di atas tekanan atmosfer

Cukup sekian artikel dari Istilah istilah dalam fisika beserta artinya.Semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih

Tag support google & yahoo :



Belum ada Komentar untuk "Istilah dalam fisika beserta artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel